Pelajar Papua juara 1 di Amerika


Pelajar Papua kembali mengukir prestasi membanggakan di Amerika. Adalah Marike Agustin Tenawe, siswi asal Papua berhasil lulus sebagai juara umum pertama (Valedictorian) di West Nottingham Academy (WNA) Colora Maryland Amerika Serikat.

Atas keberhasilannya itu, Marike diberikan kesempatan membawakan pidato tunggal mewakili seluruh siswa pada acara kelulusan yang berlangsung di aula West Nottingham Academy, Sabtu (18/5/2019).

“Saya lulus sebagai Juara umum pertama (Valedictorian) sedangkan juara umum yang kedua (Saludictorian) ada dua orang yakni dari China dan Amerika. Saya juga diberikan kesempatan membawakan pidato mewakili semua pelajar,” ungkap Marike Tenawe, Rabu (22/5/2019).

Selain Marike Tenawe, terdapat 11 pelajar asal Papua yang juga lulus dari West Nottingham Academy (WNA). Mereka adalah Aprilia Burdam, Bone Atek, Pince Gombo, Elvine Mote, Vincensius Pekei, Vannar Krey, Valentine Talenggen, Ice Selegani, Golda Wihyawari, Lia Weya, dan Mendison Wonda.

Dari 12 pelajar tersebut, 3 orang mendapat beasiswa dari Pemerintah Amerika Serikat untuk melanjutkan kuliah di University Of Rhode Island, yakni Marike Agustin Tenawe berasal dari Mimika dengan IPK terakhir 4.00, diterima sebagai mahasiwi University of Rhode Island jurusan Ocean Engineering. Vannar Krey asal Biak dengan IPK terakhir 3,71 jurusan Ocean Engineering (Teknik Kelautan) dan Golda Meir A Wihyawari asal Serui jurusan Fishery, Animal dan Veterany Science (Ilmu Perikanan).

Sembilan pelajar lainnya juga diterima di sejumlah universitas di Amerika yakni Aprilia Burdam dan Ice Selegani melanjutkan studi ke Oregon State University. Pince Gombo, Lia Weya, Valentine Talenggen, dan Vincensius Pekei melanjutkan studi ke Washington State University. Mendison Wonda dan Bone Atek melanjutkan ke Marshall University. Elvine Mote melanjutkan ke Universitas Tarumanegara.

(Editor)